Minggu, 03 Januari 2010

Contoh Pembuatan RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP I)

Satuan Pendidikan : MTs / MA …………………..
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/ Semester : VIII/ I
Pertemuan ke : 2-5
Alokasi Waktu : 8 x 40 menit (4 x pertemuan)

Standar Kompetensi
• Memahami perkembangan islam pada masa Abbasiyah.

Kompetensi Dasar
• Siswa mampu menceritakan sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah.

Indikator
• Siswa dapat menjelaskan latar belakang Daulah Abbasiyah.
• Siswa mampu menjelaskan proses berdirinya Daulah Abbasiyah.
• Siswa mampu menyebutkan tokoh-tokoh yang berjasa dalam pembentukan Daulah Abbasiyah.
• Siswa mampu mendiskripsikan periodisasi kekuasaan daulah Abbaisyah.
Tujuan pembelajaran
• Setelah mempelajari materi pelajaran dengan strategi ceramah dan didukung dengan media proyeksi siswa dapat menjelaskan latar belakang Daulah Abbasiyah dan proses berdirinya Daulah Abbasiyah, menyebutkan tokoh-tokoh yang berjasa dalam pembentukan Daulah Abbasiyah, serta mendiskripsikan periodisasi kekuasaan daulah Abbaisyah.
Materi Pembalajaran
Uraian materi:
• Menjelaskan latar belakang Daulah Abbasiyah.
• Menjelaskan proses beririnya Daulah Abbasiyah.
• Menyebutkan tokoh-tokoh yang berjasa dalam pembentukan Daulah Abbasiyah.
• Mendiskripsikan periodisasi kekuasaan daulah Abbaisyah.
Pendekatan
• Etis
• Rasional
• Fungsional
• Emosional
Strategi dan Metode
• Ceramah
• Diskusi
• Tanya jawab
• Teka-teki silang
Langkah Pembelajaran

A. Kegiatan Pembelajaran I
Materi :
• Menjelaskan latar belakang Daulah Abbasiyah.
• Menjelaskan proses beririnya Daulah Abbasiyah.
Awal (15 menit)
• Salam pembuka
• Do’a bersama
• Menarik perhatian siswa/ membangun motivasi
• Apersepsi (Mengaitkan dengan materi lalu)
• Acuan : menjelaskan indikator yang hendak di capai
• Pretes: siswa diminta untuk membuat TV berkaitan dengan materi.
Inti (50 menit)
• Guru membagikan rangkuman materi kepada siswa.
• Guru meminta siswa untuk memahami isi rangkuman materi.
• Guru menjelaskan materi setelah siswa selesai memahami isi rangkuman materi.
• Guru membagi siswa menjadi 2 kelompok untuk berdiskusi.
• Guru meminta setiap kelokmpok mendiskusikan tentang proses terbentuknya Bani Abbas.
• Guru memberi waktu kepada setiap kelompok untuk berdiskusi.
• Guru meminta perwakilan dari masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi.
• Guru menjelaskan ulang secara keseluruhan mengenai proses terbentuknya Bani Abbas.
Akhir (15 menit)
• Guru melakukan Post test
• Guru melakukan peninjauan kembali dan penekanan pada pentingnya materi
• Mengakhiri pembelajaran secara Islami.
Post Test :
1. Factor penyebab berdirinya Bani Abbasiyah? ( hancurnya Bani Umayyah)
2. Siapakah penggagas berdirinya Dinasti Abbasiah? (Ali bin Abdullah bin Abbas bib Abdul Muthalib bin Abdi Manaf bin Hasyim)
3. Apakah yang dilakukan Ali bin Abdullah untuk merebut kekuasaan Bani Umayyah? (melakukan taktik propaganda anti Bani Umayyah kepada masyarakat luas)
Poster :
• Kriteria ; Sangat bagus 95 – 100 = A (kejelasan gambar, pewarnaan, kerapihan).

B. Kegiatan Pembelajaran II
Materi :
• Menyebutkan tokoh-tokoh yang berjasa dalam pembentukan Daulah Abbasiyah.
Awal (15 menit)
• Salam pembuka
• Do’a bersama
• Menarik perhatian siswa/ membangun motivasi
• Apersepsi (Mengaitkan dengan materi lalu)
• Acuan : menjelaskan indikator yang hendak di capai
• Pretes: menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan materi minggu lalu.
Inti (50 menit)
• Guru membagikan rangkuman materi kepada siswa.
• Guru meminta siswa untuk memahami isi rangkuman materi.
• Guru menjelaskan materi setelah siswa selesai memahami isi rangkuman materi.
• Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok untuk berdiskusi dengan ketentuan:
Kelompok I tentang Ali bin Abdullah dan Muhammad bin Ali.
Kelompok II tentang Ibrahim bin Muhammad dan Abu Abbas As-Safah.
Kelompok III tentang Abu Ja’far Al-Mansyur dan Abu Muslim Al-Khurasani.
• Guru meminta setiap kelokmpok membuat 5 pertanyaan berkaitan dengan tema diskusi masing-masing kelompok untuk kelompok lain.
• Guru memberi waktu kepada setiap kelompok untuk berdiskusi.
• Guru meminta perwakilan dari masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi dengan cara perwakilan kelompok pertama membacakan pertanyan kepada kelompok dua untuk dijawab dan sebaliknya secara bergantian.
Akhir (15 menit)
• Guru melakukan Post test
• Guru melakukan peninjauan kembali dan penekanan pada pentingnya materi
• Mengakhiri pembelajaran secara Islami.
Post Test :
1. Sebutkan tokoh yang berjasa dalam pembentukan bani Abbas? (Ali bin Abdullah, Muhammad bin Ali, Ibrahim bin Muhammad, Abu Abbas As-Safah, Abu Ja’far Al-Mansyur, Abu Muslim Al-Khurasani.)
2. Kapan Ali bin Abdullah memulai aksi propaganda kepada masyarakat luas? (ketika Bani Umayyah dipimpin oleh Khalifah Umar bin Abdul Aziz)
3. Khalifah siapakah yang telah berhasil memenangkan pertempuran dengan Bani Umayyah? (Abu Abbas As-Safah)
Pretes :
Siapakah penggagas berdirinya Dinasti Abbasiah? (Ali bin Abdullah bin Abbas bib Abdul Muthalib bin Abdi Manaf bin Hasyim)

C. Kegiatan pembelajaran III
Materi :
• Mendiskripsikan periodisasi kekuasaan Daulah Abbaisyah.
Awal (15 menit)
• Salam pembuka
• Do’a bersama
• Menarik perhatian siswa/ membangun motivasi
• Apersepsi (Mengaitkan dengan materi lalu)
• Acuan : menjelaskan indikator yang hendak di capai
• Pretes: siswa diminta untuk mengisi teka-teki silang berkaitan dengan materi.
Inti (50 menit)
• Guru menjelaskan materi kepada siswa. (hanya menjelaskan pada materi periode abasiah I)
• Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok untuk berdiskusi.
• Guru meminta tiap kelompok untuk mendiskripsikan periode kekuasaan Abbasiyah dengan ketentuan:
- Kelompok I : Periode Abbasiyah II
- Kelompok II : Periode Abbasiyah III
- Kelompok III : Periode Abbasiyah IV
• Guru memberi waktu kepada setiap kelompok untuk berdiskusi.
• Guru meminta perwakilan dari masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi.
• Guru menjelaskan ulang secara keseluruhan mengenai periodisasi kekuasaan Daulah Abbasiyah.
Akhir (15 menit)
• Guru melakukan Post test
• Guru melakukan peninjauan kembali dan penekanan pada pentingnya materi
• Mengakhiri pembelajaran secara Islami.
Post Test :
1. Khalifah sipa sajakah yang pernah memimpin Daulah Abbasiyah Periode Pertama? (Abu Abbas As-Safah, Abu Ja’far Al-Mansyur, Al-Mahdi, Musa Al-Hadi, Harun Ar-Rasyid, Al-Amin, Abdullah Al-Makmun, Al-Mu’tasim, Al-Watsiq)
2. Sebutkan Khalifah yang pernah berkuasa pada Daulah Abbasiyah periode III! (Al-Mu’thi, At-Thai, Al-Qodir, Al_Qayyim, Al-Muqtadi)
3. Dari tahun berapakah Khalifah Al-Mustadzir berkuasa pada Daulah Abbasiyah Periode IV? (487 – 521 H / 1094 – 1118 M)

Pretes: TTS
Uraian: Pandai 95 – 100 = A (Ketepatan dalam menjawab dan mengisi kolom TTS)

D. Kegiatan pembelajaran IV
Ulangan Harian
1. Pada tahun berapa Daulah Abbasiyah berdiri? (132 H / 750 M)
2. Nama Abbasiyah diambil dari nama leluhur mereka. Siapa nama leluhur yang disebut? (Abbas bin Abdul Muthalib, paman Nabi Muhammad)
3. Factor penyebab berdirinya Bani Abbasiyah? ( hancurnya Bani Umayyah)
4. Siapakah penggagas berdirinya Dinasti Abbasiah? (Ali bin Abdullah bin Abbas bib Abdul Muthalib bin Abdi Manaf bin Hasyim)
5. Apakah yang dilakukan Ali bin Abdullah untuk merebut kekuasaan Bani Umayyah? (melakukan taktik propaganda anti Bani Umayyah kepada masyarakat luas)
6. Sebutkan tokoh yang berjasa dalam pembentukan bani Abbas? (Ali bin Abdullah, Muhammad bin Ali, Ibrahim bin Muhammad, Abu Abbas As-Safah, Abu Ja’far Al-Mansyur, Abu Muslim Al-Khurasani.)
7. Kapan Ali bin Abdullah memulai aksi propaganda kepada masyarakat luas? (ketika Bani Umayyah dipimpin oleh Khalifah Umar bin Abdul Aziz)
8. Khalifah siapakah yang telah berhasil memenangkan pertempuran dengan Bani Umayyah? (Abu Abbas As-Safah)
9. Khalifah sipa sajakah yang pernah memimpin Daulah Abbasiyah Periode Pertama? (Abu Abbas As-Safah, Abu Ja’far Al-Mansyur, Al-Mahdi, Musa Al-Hadi, Harun Ar-Rasyid, Al-Amin, Abdullah Al-Makmun, Al-Mu’tasim, Al-Watsiq)
10. Dari tahun berapakah Khalifah Al-Mustadzir berkuasa pada Daulah Abbasiyah Periode IV? (487 – 521 H / 1094 – 1118 M)
Penilaian (lihat polanya, pola satu rumuskan soalnya, jawabannya, cara menilai), pola 3, pindahkan
 Pengamatan : Sikap siswa dalam mengikuti KBM
 Tes Tulis : Tes tertulis/ ulangan harian
 Penugasan/ Produk : Siswa membuat iklan TV


Sumber
• Mahrus As’ad, Sejarah Kebudayaan Islam, Jakarta: Erlangga, 2008

Alat
• Selembaran kertas
• Spidol
• Papan tulis
• Kapur tulis






















Kepala Madrasah





Drs. Rofiq ,M.Pd.
NIP. 12233445
Mengetahui


GuruMata Pelajaran





Wahyu Eko Pmabudi
NIM. 07410047

Tidak ada komentar:

Posting Komentar