Judul : Pengembangan Profesi Guru
Penulis : Udin Syaefudin sa’ud, Ph. D.
Editor : Riduwan, M. Pd.
Penerbit : cv. ALFABETA
Telp. 022-2008822 Fax. 022-2020373
e-mail: alfabetabdg@yahoo.co.id
Tebal buku : 135 halaman
Dewasa ini ada kegandrungan dalam masyarakat untuk menuntut profesionalisme dalam bekerja. Profesi adalah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian dari para anggotanya. Tanggung jawab mengembangkan profesi pada dasarnya ialah tuntutan dan panggilan untuk mencintai, menghargai, menjaga, dan meningkatkan tugas dan tanggung jawab profesinya. Buku teks ini merupakan buku bahan ajar mata kuliah Pengembangan Profesi Guru yang bertujuan membekali mahasiswa tentang (1) konsep dasar profesi; (2) perkembangan profesi keguruan; (3) kompetensi guru dalm kontek keprofesian; (4) perangkat keprofesian guru; (5) strategi pengembangan profesionalisasi keguruan; (6) strategi pengembangan profesionalisasi keguruan.
Dalam buku ini, penulis memaparkan enam bagian dan empat belas bab, yaitu: BAGIAN PERTAMA: Konsep Dasar Profesi terdiri dari: BAB I Pngertian Profesi Guru Dan BAB II Karakteristik Dan Syarat Profesi. BAGIAN KEDUA: Perkembangan Profesi Keguruan terdiri dari: BAB III Tingkat Dan Jenis Profesi; BAB IV Tanggunng Jawab Guru; dan BAB V Profil Tenaga Keguruan. BAGIAN KETIGA: Kompetensi Guru Dalam Konteks Keprofesian terdiri dari: BAB VI Kompetensi Guru dan BAB VII Ketrampilan Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. BAGIAN KEEMPAT: Perangkat Keprofesian Guru terdiri dari: BAB VIII Kode Etik Profesi Guru; BAB IX Organisasi Asosiasi Keprofesian dan BAB X Pengakuan dan Penghargaan Profesi Guru. BAGIAN KELIMA: Strategi Pengembangan Profesionalisasi Guru terdiri dari: BAB XI Pengembangan Profesionalisasi Guru dan BAB XII Model Pengembangan Guru. BAGIAN Keenam: Strategi Pengembangan Profesionalisasi Guru yang terdiri dari: BAB XIII Tantangan Dan Peroblematika Pengembangan Profesionalisasi Guru dan BAB XIV Implementasi progrsm pengembangan profesi guru.
Buku pengembangan profesi ini memiliki banyak manfaat khususnya bagi para guru maupun yang masih calon guru. Buku ini sangat cocok digunakan sebagai buku pedoman ataupun sebagai buku pegangan sebelum seorang guru mulai terjun langsung kelapangan mengajar peserta didiknya. Dalam buku ini penulis mengajak para guru untuk lebih memperhatikan keprofesionalan profesi yang dimiliki oleh seorang guru agar kelak jika seorang guru mulai megajar baik dibidang tertentu benar-benar dipandang sebagai seorang yang ahli buku hanya sebatas sebutan gelar dan title saja. Buku ini sangat bagus untuk kalangan guru dan dosen untuk memotivasi diri menjadi pembelajar. Dengan mengubah pola belajar dan juga mengajar selama ini, tentu mampu meminimalkan keterpurukan pendidikan bangsa kita.
Selain penulis menyampaikan dengan gaya bahasa motivator yang mudah dipahami, penulis melengkapinya lembar program ikhtiari di setiap pembahasan. Yaitu sebuah program yang mesti diikuti pembaca dalam mewujudkan mental pengajar yang benar-benar ahli dibidangnya.. Hal ini akan memudahkan pembaca untuk menginterpretasi setiap pembahasan penting dari buku pengembangan ini. Bukannya tidak mungkin jika pembaca benar-benar mampu menyerap semua isi buku ini, akan termotivasi untuk menata kembali konsep-konsep dasar seorang guru dalam mengajar. Buku ini ditulis bertujuan untuk mencetak guru-guru yang kompeten dalam mengajar, yang luar biasa dalam mengembangkan diri. Sehingga mereka terus berproses tiada henti, dengan menggunakan buku ini sebagai panduan dalam mengajar. Buku ini akan menjadi pemantik bagi mereka yang ingin sukses khususnya para guru di negeri ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar